Mengenal 8 Fakta Tentang Telur

Telur adalah salah satu sumber protein dan juga sumber gizi yang baik. Nah, mengenali 8 fakta tentang telur ini bisa membantu Anda mengonsumsi telur dengan benar.  

1. Warna cangkang

Warna cangkang telur tergantung pada jenis keturunan induk ayam tersebut. Ayam betina berbulu putih biasanya bertelur warna putih. Ayam berbulu merah biasanya menghasilkan telur berwarna cokelat.

2. Warna kuning telur

Warna kuning telur tergantung pada pakan yang dimakan oleh induk ayam tersebut. bila warna kuningnya sangat pekat, itu berarti sang induk ayam makan sayur-sayuran.  Sedangkan bila kuning telurnya pucat, induk ayam tersebut makan gandung dan jelai.

3. Ukuran telur

Umur induk ayam akan berpengaruh pada ukuran telur yang dihasilkannya. Semakin tua induk ayam tersebut, ukuran telurnya semakin besar.

4. Tanggal penggunaan telur

Di pasar swalayan telur dijual dengan dilengkapi dengan keterangan waktu. Nah, yang harus diingat adalah tanggal telur itu dijual, bukan tanggal kedaluwarsanya. Anda bisa menyimpannya selama 3-4 minggu setelah tanggal penjualan yang tercantum.

5. Sumber kolesterol

Mengonsumsi 2 butir telur akan memberi Anda kecukupan kolesterol selama satu hari. Satu butir telur mengandung 186 mg kolesterol. Menurut rekomendasi USDA, maksimal kolesterol adalah 300 mg.

6. Memperbaiki daya ingat

Penambahan asam lemak omega-3, zinc, vitamin B dan iodida pada telur bisa membantu mencegah bad mood dan menghindari kelelahan. Koline yang terdapat dalam telur juga bisa memperbaiki daya ingat Anda.

7. Mencicipi adonan yang bercampur telur

Ada pendapat yang mengatakan ‚Äútidak apa-apa mencicipi adonan yang bercampur telur mentah. Telur yang digunakan adalah telur yang dipasteurisasi dan bebas salmonela. Faktanya adalah tepung terigu dalam adonan mentah itu yang lebih beresiko dibandingkan telur mentah. 

8. Telur rebus

Untuk mendapatkan telur rebus yang bagus, gunakan telur yang berumur kurang dari 10 hari. Telur yang masih segar terkadang sulit untuk dikupas kulitnya.